pengaruh pemerintah untuk mengatasi kondisi ekonomi

pengaruh pemerintah untuk mengatasi kondisi ekonomi

Indonesia adalah negara maju tapi Indonesia belum berkembang , karena hingga saat ini Kondisi ekonomi yang di hadapi oleh bangsa Indonesia masih memprihatinkan. Jadi pengaruh pemerintah dalam mengatasi masalah perekonomian pada saat ini  dalam berbagai bidang, misal hukum politik, masalah bisnis; eksport,import perdagangan. Khususnya dalam hal proses melemahn ya dalam saing perekonomian nasional, sumber daya manusia, peringkat jumlah dan kualitasnya antara lain, tercermin dari meningkatnya angka partisipasi di berbagai jenjang pendidikan, serta naiknya tingkat pendidikan, ketrampilan dan penguasaan teknologi para pekerja.

Hal ini menyampaikan gambaran mengenai kondisi ekonomi yang dihadapi negara kita beserta implikasinya. melemahnya daya saing perekonomian nasional, yang diakibatkan, antara lain, oleh lemahnya kinerja dunia usaha swasta dan lembaga perbankan, termasuk kelemahan dalam hal pengawasan sistem keuangan, peningkatan upah/gaji yang tidak diikuti dengan peningkatan produktivitas kerja dan bermunculannya praktek monopoli dan oligopoli

Kondisi ekonomi dengan berbagai dampak negatif telah diupayakan pemerintah untuk diatasi dengan melaksanakan kebijaksanaan ekonomi baik yang bersifat makro maupun mikro. Dalam jangka pendek kebijaksanaan ekonomi tersebut yang memiliki dua sasaran strategis, yaitu pertama, mengurangi dampak negatif dari krisis tersebut terhadap kelompok penduduk berpendapatan rendah dan rentan; dan kedua, pemulihan pembangunan ekonomi ke jalur petumbuhan yang tinggi.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut telah dapat mengentaskan berjuta-juta penduduk yang hidup dibawah garis kemiskinan serta dapat membuka peluang kerja yang makin luas. Lebih dari itu kapasitas produksi juga berhasil ditingkatkan baik secara fisik, sarana dan prasarana produksi, khususnya dalam hal sumber daya manusia, peningkatan jumlah dan kualitasnya dengan meningkatnya angka partisipasi di berbagai jenjang pendidikan, serta naiknya tingkat pendidikan, keterampilan dan penguasaan teknologi para pekerja.

Keseluruhan faktor tersebut pada gilirannya telah mengakibatkan bekerjanya perkonomian menjadi tidak efisien. Kondisi yang demikian telah menjadikan perkonomian Indonesia kurang mampu bereaksi terhadap berbagai perubahan yang terjadi di pasar internasional. Berbagai kelemahan yang telah dikemukakan telah memperberat kondisi ekonomi di Indonesia, yang dipacu pula oleh situasi politik yang tidak menentu.

Interaksi antara pendapatan rendah dengan inflasi yang tinggi tersebut pada gilirannya telah mengakibatkan jumlah penduduk miskin yang semula telah berhasil diturunkan secara cukup tajam, kini meningkat kembali dalam jumlah yang semakin besar. Akibatnya tingkat partisipasi pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan dan derajad kesehatan yang sebelumnya terus diupayakan peningkatannya khususnya bagi golongan masyarakat miskin, kini menjadi terganggu.

Hutang luar negeri swasta dan pinjaman antar bank-bank yang besar telah menjadi penyebab terpenting terhadap melemahnya nilai tukar rupiah. Berbagai kebijakan ekonomi makro dan mikro tersebut tidak akan mencapai hasil yang diharapkan apabila tidak mendapat dukungan dari semua pihak. Upaya menghapus praktek-praktek monopoli dan persaingan yang tidak sehat sebenarnya sudah dilakukan dengan langkah-langkah deregulasi dan debirokratisasi yang, antara lain, menghilangkan subsidi tersembunyi dan perlakuan-perlakuan khusus kepada perorangan dan kelompok usaha tertentu.

Upaya untuk membangun kembali jaring distribusi perdagangan dalam negeri ditempuh dengan meningkatkan peran usaha kecil, menengah dan koperasi mengalami peningkatan, baik dalam pengadaan maupun penyaluran bahan baku, bahan pokok dan bahan kebutuhan masyarakat lainnya. eksportir yang sudah memperoleh L/C dari luar negeri untuk memperlancar impor bahan baku yang diperlukan dan untuk pembiayaan ekspor pre-shipment.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s