pengaruh teknologi dalam menciptakan bisnis

pengaruh teknologi dalam menciptakan bisnis

Tiap tahun, Teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan beragam dalam globalisasi di seluruh dunia. Jarak tak lagi menjadi hambatan karena berkat teknologi dunia yang menawarkan ruang tanpa batas berikut kemudahan bagi siapa saja yang memakainya, pemanfaatannya pun makin meluas dan intensif, dinikmati hampir di seluruh dunia.

Tak ada acuan, namun kemajuan teknologi menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Perkembangan teknologi yang semakin pesatnya, masyarakat menyebutnya sebagai era HiTech atau NewTech, Kemudahan serta kualitas yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi menjadi nilai plus di mata masyarakat.

Kini teknologi sudah menjadi kebutuhan umum dan sangat penting sehigga mempengaruhi dunia bisnis, yang amat bergantung pada skema yang berkembang kehidupan masyarakat.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin tinggi, semakin canggih, dan semakin hebat tanpa disadari membawa pengaruh terhadap perkembangan dunia bisnis. Perkembangan teknologi di bidang komputer turut mempengaruhi kinerja di seluruh aspek usaha, terutama di bidang administrasi seperti sistem database.

Cara sebuah perusahaan menjalankan bisnisnya akan sangat mempengaruhi kesuksesannya dalam memenangi persaingan. Secara singkat, pengaruh teknologi bagi dunia bisnis adalah sebagai berikut :

  • Pengaruh teknologi bagi pemegang saham,
  • Pengaruh teknologi bagi kreditur,
  • Pengaruh teknologi bagi pelanggan,
  • Pengaruh teknologi bagi pesaing,
  • Pengaruh teknologi bagi pemasok,
  • Pengaruh teknologi bagi karyawan,
  • Pengaruh teknologi bagi organisasi,

Perusahaan yang menggunakan strategi bisnis yang berbasis IT terbukti efektif dalam mengembangkan bisnis, yang menggunakan IT secara konservatif sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan melalui penggunaan sumber daya yang ada dalam lingkungan yang mendukung untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memenuhi harapan usaha.

Dengan tingkat teknologi yang ada, kinerja karyawan dapat meningkat. Baik dalam hal meningkatkan kualitas manajemen perusahaan, menghemat biaya produksi, meningkatkan inovasi dan pelayanan, serta memperluas jaringan, efisiensi waktu, maupun dalam hal ketepatan atau keakurasian, kerja karyawan menjadi lebih ringan, Dengan hal ini, produktivitas karyawan pun bisa meningkat. Namun karyawan-karyawan tersebut dituntut untuk bisa menguasai teknologi demi menjalankan pekerjaannya di perusahaannya dan menciptakan tenaga-tenaga yang terampil, cakap, ahli serta siap pakai dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan dan penggunaan teknologi.

Semua perusahaan dituntut untuk memenuhi standar teknologi yang berlaku. Apalagi saat ini, teknologi juga menjadi salah satu area paling menjanjikan untuk berbisnis. Teknologi informasi memberikan peranan penting bagi suatu perusahaan dalam memenangkan persaingan dan bekompetisi dalam mewujudkan strategi bisnis, karena IT saat ini telah memegang peranan penting dalam dunia bisnis yang modern dan berebasis teknologi. Teknologi sudah memberikan perubahan yang sangat mendasar baik bagi organisasi swasta maupun publik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s