Perhatian pemerintah dalam mengatasi permasalahan serikat pekerja pada saat ini

Perhatian pemerintah

dalam mengatasi permasalahan serikat pekerja

pada saat ini

 

Setiap manusia sangat membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya terutama di kota-kota besar. Untuk mendapatkan biaya hidup seseorang perlu bekerja, secara mandiri atau bekerja kepada orang lain. Namun, karena dikota-kota besar lahan untuk lapangan kerja lebih sedikit dibanding dengan jumlah pekerjanya, maka banyak masyarakat yang hanya memiliki pendidikan rendah bekerja sebagai buruh. Tetapi seringkali hubungan antara majikan dengan pekerja itu tidak bejalan dengan baik terutama dalam masalah upah. Dalam upaya peningkataan taraf hidup pekerja agar dapat hidup lebih layak, perlu adanya perlindungan dan peningkatan kesejahteraan pekerja

Dikarenakan minimnya pendidikan buruh ini, pemerintah membentuk serikat pekerja / serikat buruh yang ada di perusahaan untuk mengantisipsi posisi pekerja yang lemah. Di era baru reformasi ini, pemerintah menuntut pembaharuan di segala bidang kehidupan, karena itu pemerintah melalui Kepres No. 83 Tahun 1998 telah mengesahkan Konvensi ILO No. 87 tahun 1948 tentang Kebebasan Berserikat dan Perlindungan Hak untuk Berorganisasi (Convention Concorning Freedom of Association and Protection of The Right to Organise).

Serikat Pekerja adalah hak yang melekat bagi pekerja (Worker Rights is Human Rights) atau bisa diartikan juga sebagai organisasi demokratis yang berkesinambungan dan permanen dibentuk secara sukarela sebagai wadah pekerja dalam memperjuangkan haknya. Serikat pekerja/ buruh juga disebbut wakil buruh dalam perusahaan. Diharapkan dengan adanya serikat pekerja di perusahaan dapat mewakili dan menyalurkan aspirasi pekerja, sehingga dapat dilakukan upaya peningkatan kesejahteraan pekerja.

Karena kedudukan pekerja yang lebih rendah daripada majikan dan selalu berkaitan dengan kekuasaan maka perlu adanya campur tangan pemerintah untuk memberikan perlindungan hukumnya. Dalam hubungan dengan kekuasaan pemerintah, dengan kekuasaan ekonomi, permasalahan perlindungan hukum adalah perlindungan bagi silemah (ekonomi) terhadap si kuat (ekonomi), misalnya perlindungan bagi pekerja terhadap pengusaha/majikan.

Hak untuk berserikat merupakan salah satu perangkat terkuat yang kita miliki untuk mempromosikan pekerjaan yang layak dan penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan. Ini merupakan hak asasi mendasar di tempat kerja, dimana kita tidak bisa hidup tanpanya

Serikat Pekerja atau Serikat Buruh merupakan bentuk pelaksanaan dari hak seseorang untuk berserikat dan berkumpul. Adanya serikat Pekerja / Buruh sangat penting bagi kelangsungan hubungan industrial. melihat tenaga kerja sebagai sumber daya manusia yang memiliki intergritas dan kemampuan merubah hubungan industrial antara pemilik modal (pengusaha) dengan pekerja kearah kemitraan. Dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan ketenagakerjaan, seperti :

Kebijakan makro, sektoral dan regional yang mendukung pembangunan ketenagakerjaan.

Penciptaan lapangan kerja langsung yang mewadahi kepentingan masyarakat pekerja.

Pembangunan sektoral yang membuka kesempatan kerja.

Pemberian perlindungan dan kesejahteraan pekerja

Namun keberadaan serikat buruh atau pekerja pada masa Orde Baru belum memenuhi prinsip dasar serikat buruh. Sehingga pada masa Orde Baru masalah timbul pada serikat buruh atau serikat pekerja pada umumnya pada ketidak mandirian serikat buruh/ pekerja.  Oleh sebab itu, Serikat pekerja perlu didayagunakan pada sektor yang produktif sehingga terlahir tenaga yang sudah terlatih dapat ditempatkan melalui bursa tenaga kerja baik untuk penempatan didalam negeri maupun diluar negeri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s