Trend dalam memulai bisnis kecil

Trend dalam memulai bisnis kecil

Dalam ilmu ekonomi, Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, atau Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan individu/kelompok terhadap individu/kelompok lain dengan menawarkan barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan yang berawal dari keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak mungkin dilakukan oleh dirinya sendiri. Dalam hakekatnya, manusia memiliki berbagai kebutuhan dan kepentingan yang terus berkembang.

Dalam perkembangannya, Bisnis menjadi suatu sistem terstruktur untuk memperoleh kesejahteraan hidup serta keuntungan yang besar dengan bekerja sama dalam manajemen yang terorganisir. Bisnis sama halnya dengan perusahaan, yakni organisasi yang dijalankan dengan tujuan mendapatkan keuntungan bagi anggotanya. Perusahaan tersusun secara terstruktur dan terdapat pembagian kerja yang jelas pada masing-masing anggotanya. Selanjutnya, pengatur dalam perusahaan disebut manajer dan pelaksananya disebut karyawan atau pegawai.

Jika melihat kondisi perekonomian Indonesia sepihak dan memperhatikan serta merasakan dampak pengaruh ekonomi global, Bisnis usaha kecil ini sudah tidak asing lagi terdengar di lingkungan masyarakat karna sudah banyak yang menerapkannya, seperti yang terlihat di sekitar kita.

Untuk  memulai usaha kecil, alangkah baiknya jika mulai melakukan penelitian atas tren industri, dengan melihat apa yang tersedia di dalam lingkup bisnis sesuai dengan keahlian, keterampilan, hobi dan bahkan minat kita. Menemukan bisnis yang berfokus pada mega tren terbesar dari millennium melalui kepemimpinan yang kuat pada perusahaan juga merupakan salah satu alternatifnya.

Salah satu hal yang diperlukan untuk menjadi sukses ketika memulai usaha adalah mulai mengubah kehidupan yang menawarkan produk-produk yang banyak diminati, memberikan orang apa yang mereka inginkan. Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan untuk mengawali bisnis kecil anda, yaitu :

1. Do your homework

2. Surat-surat

3. Persiapkan keuangan anda

4. Pilih tempat

5. Kelola aliran uang (cash flow)

6. Pasar

7. Sabar

8. Senyum

Trend dalam memulai usaha kecil ini pun membutuhkan banyak waktu, tenaga, tekad dan kerja keras. Biasanya bisnis ini terjadi hanya pada saat terjadi trendnya atau lagi nge-hitsnya. Seperti yang terjad saat perayaan, atau festival saja namun tidak banyak juga hal itu menjadi usaha sampingan mereka.

Namun, tidak setiap kesempatan bisnis itu tepat bagi semua orang. Tidak mudah menjalani tahun-tahun awal yang mungkin  tidak mendapatkan keuntungan apapun dalam waktu singkat. Menurut Joana L Krotz, ada 7 kesalahan umum yang dilakukan pebisnis pemula seperti :

1. Tak punya peta

2. Menjual di bawah harga pasar

3. Memulai bisnis cuma untuk coba-coba

4. Tak mengerti tentang marketing sedikit pun

5. Bos tidak sama dengan sahabat

6.Menghamburkan modal

7. Lupa memperhitungkan orang terkasih

Oleh karenanya, sangat penting melakukan penelitian dan menemukan bisnis yang tepat di awal memulai usaha kecil. Setelah menemukan bisnis usaha yang tepat, carilah informasi secukupnya dan mulailah melangkah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s