PENDAPATAN NASIONAL

Perekonomian suatu Negara dikatakan tertutup bila tidak mengenal hubungan dengan luar negeri sehingga tidak terdapat transaksi ekspor-impor. Dan perekonomian suatu Negara dikatakan sederhana bila tidak mengenal transaksi ekonomi yang dilakukan pemerintah. Tolok ukur keberhasilan perekonomian suatu Negara antara lain adalah pendapatan nasional, pendapatan per kapita, tingkat kesempatan kerja, tingkat harga dan posisi neraca pembayaran uar negeri. Pendapatan nasional adalah ukuran nilai output berupa barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara dalam periode tertentu atau jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu Negara dalam satu tahun. Pendapatan nasional dapat dihitung dengan tiga pendekatan, yaitu :

  • Pendekatan Produksi

Pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai lapangan usaha (sektor) dalam suatu Negara selama satu tahun. Yang dijumlahkan bukanlah nilai akhir dari barang dan jasa, tetapi nilai tambah dari barang dan jasa tersebut.  Tujuannya adalah untuk mengetahui besarnya sumbangan berbagai sektor dalam mewujudkan pendapatan nasional. Jumlah total sumbangan itu membentuk Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP).

  • Pendekatan Pendapatan

Dapat dihitung dengan menjumlahkan seluruh pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor  produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diproduksi di suatu Negara selama satu tahun.

  • Pendekatan Pengeluaran

Dengan pendekatan ini, pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yan diproduksi di suatu Negara dalam satu tahun. Seperti, pengeluaran konsumsi oleh rumah tangga, pengeluaran konsumsi oleh pemerintah, pembentuk modal tetap domestic bruto, perubahan stok, pengeluaran investasi oleh perusahaan dan pengeluaran untuk pembelian Barang dan Jasa Ekspor neto oleh masyarakat Luar Negeri.

 

Faktor yang memengaruhi : –    Permintaan dan penawaran agregat

–          Konsumsi dan tabungan

–          Investasi

 

Tujuan perhitungan pendapatan nasional  adalah untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan mendapatkan taksiran akurat mengenai nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu Negara selama satu tahun sedangkan, Manfaat dari pandapatan nasional adalah sebagai sumber informasi bagi pemerintah, mengetahui perkiraan perubahan pendapatan riil, untuk mengetahui dan menelaah struktur perekonomian nasional, Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara industri, pertanian, atau negara jasa, untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekomian terhadap pendapatan nasional, dan untuk membandingkan kemajuan perekonomian antarnegara atau antardaerah, dan sebagai landasan perumusan kebijakan pemerintah.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s