Hitung – hitung Asuransi Pendidikan

Gambar

Pendidikan merupakan salah satu eskalator sosial yang biayanya semakin lama semakin mahal. Salah satu cara mempersiapkan pendidikan adalah dengan membeli asuransi pendidikan. Biasanya pada produk – produk asuransi pendidikan memberikan perlindungan terhadap jiwa orangtua yang memberikan uang untuk biaya sekolah. Jika terjadi hal – hal yang beresiko terhadap orangtua, perusahaan asuransi akan memberikan dana untuk kelangsungan pendidikan.

Pangkal persoalan dari ketidaksesuaian itu adalah perbedaan laju inflasi di dunia pendidikan dengan laju pertumbuhan dana yang diinvestasikan dalam asuransi pendidikan. Inflasi dalam dunia pendidikan mencapai 15 persen per tahun. Jika tidak cukup tentu orangtua harus menambah lagi pendidkan anaknya.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan jadwal pengambilan dana pendidikan pasti, namun kelemahan yang terjadi pada penarikan jadwal ini adalah tidak tepatnya waktu cairnya dana asuransi pendidikan dengan kebutuhan.

Ada pula produk asuransi yang memberikan keleluasaan penarikan dana.  Dana dapat ditarik kapan saja sesuai dengan kebutuhan, produk seperti ini tentu lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan jadwal pembayaran sekolah.

Selain ilustrasi mengenai waktu pengambilan dana, ada juga ilustrasi berapa besar dana yang dapat ditarik di kemudian hari. Berapa dana ini bergantung pada berapa besar premi yang dibayarkan dan berapa besar pengembangan investasi pada asuransi tersebut.

Ada pula produk asuransi pendidikan yang terkait dengan unit link.  Artinya, ada sebagian premi yang diinvestasikan ke dalam berbagai macam sarana investasi seperti pasar uang, obligasi atau saham. Hasil investasi sangat bergantung dari keadaan pasar finansial, seperti harga obligasi atau saham yang berfluktuasi.

Menghitung keperluan dana tidak sulit. Untuk lebih mudah, biaya dihitung berdasarkan masing – masing jenjang sekolah. Orangtua harus menalangi dahulu kebutuhan pendidikan anaknya sebelum mendapat dana dari asuransi. Oleh karena itu, Lagi dan lagi perlu diperiksa apakah dana asuransi pendidikan yang dimiliki akan mencukupi di kemudian hari.

Jangan hanya silau oleh nilai sekarang yang belum tentu mencukupi untuk masa yang akan datang tetapi perhitungan ini terus dapat dilakukan hingga jenjang kuliah. Dengan perhitungan matang, asuransi pendidikan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s