Layanan perbankan “Mobile Banking ” Akan Pesat

Potensi mobile banking di Indonesia sangat besar dan diyakini akan berkembang pesat. Kondisi di Indonesia, seperti pertumbuhan jumlah penduduk usia muda, populasi kelas menengah dan perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan media informasi menjadi pendukungnya.

Ian Whitehead, Director Retail and Business Banking, Commonwealth Bank Indonesia, dalam acara Mobile Banking & payments for Emerging Asia Summit di Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali menyatakan tantangan mobile banking di emerging market sangat besar. Transformasi layanan perbankan semakin memudahkan nasabah untuk mengakomodasi kebutuhan nasabah terjadi signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Pada 2000 – 2004, kanal perbankan hanya berupa kantor cabang, anjungan tunai mandiri (ATM) dan call center. Pada kurun waktu 2005 – 2009, kanal layanan bertambah dengan internet banking. Nasabah internet banking bisa melakukan transaksi seperti halnya di kantor cabang, seperti membayar tagihan, mengirim uang dan mengecek saldo.

Pada 2010, layanan bertambah dengan mobile banking yang bisa untuk transfer dana. Layanan mobile banking Commonwealth Bank Indonesia bahkan memungkinkan untuk transaksi pembelian reksa dana, seperti pada layanan internet banking yang diusung dalam layanan ini adalah keamanan, biaya, privasi, kecepatan dan kepercayaan.

“Tahun 2013 – 2015, layanan semakin berkembang. Misalnya form aplikasi online dan penukaran reksa dana, kondisi Indonesia memungkinkan layanan mobile banking terus tumbuh” Ujar Ian. Beberapa bank besar yang menerbitkan layanan ini adalah Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Bank Permata dan Bank Commonwealth Indonesia.

Rhys Bollen, senior fellow dari Fakultas Hukum Monash University, menyampaikan bahwa mobile banking merupakan perkembangan dari layanan perbankan. Dampaknya sangat besar bagi dunia perbankan, antara lain dari sisi biaya dan inklusi masyarakat untuk mengenal bank.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s