Minimnya Pasar Modal IPO BUMN

Minimnya badan usaha milik negara yang menawarkan saham perdana (IPO) kembali diingatkan. Potensi perusahaan negara untuk mendapatkan belanja modal dari pasar modal nasional dinilai melimpah.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) ito Warsito mengungkapkan, pada periode 1966 – 2012, jumlah badan usaha milik negara (BUMN) yang sudah melakukan IPO baru 18 perusahaan. BUMN yang melepaskan sahamnya ke publik ikut meningkatkan likuiditas dan transaksi di bursa Indonesia. Investor, baik asing maupun domestik, nyaman dan banyak tertarik dengan perusahaan – perusahaan negara.

Sebagai catatan, tahun 2012 ini rencananya ada lima BUMN yang akan menawarkan saham perdana. Kelima BUMN itu adalah PT Semen Baturaja, PT Waskita Karya, PT Pertamina Drilling Service, PT Pertamina Gas dan PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam.

Namun, baru-baru ini Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan, tahun ini tidak ada BUMN  yang melakukan penawaran saham perdana ke publik. Alesannya, perusahaan – perusahaan itu belum mendapat persetujuan dari DPR.

Semen Baturaja belum bisa melakukan IPO karena masih terganjal status perubahan direksi. Waskita Karya masih menunggu turunnya peraturan pemerintah. Sementara itu, tiga perusahaan lainnya masih dikaji di sisi internal perseroan. Namun, PLN Batam tinggal menunggu dari induk perseroaj, yakni PT PLN (Persero).

Kemarin, secara resmi PT. Provident Agro Tbk (PALM) mencatatkan sahamnya di BEI. Direktur PT Indo Premier Securities Moleonoto The, selaku salah satu penjamin emisi IPO PALM menyatakan PALM berencana akan berfokus pada tren kenaikan harga sesuai dengan kesepakatan rapat umum pemegang saham luar biasa perseroan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s