Pertumbuhan Indonesia Diperkirakan Melambat

Konsumsi topang pemulihan,

Bank Dunia menyatakan, pertumbuhan ekonomi Asia Timur dan Pasifik termasuk Indonesia akan melemah tahun ini tetapi akan pulih pada tahun berikutnya. Pemulihan ekonomi tersebut akan ditopang oleh permintaan domestik di tengah dampak negative krisis utang di zona Eropa yang masih menghantui.

Laporan terbaru Bank Dunia, East Asia and Pacific Economic Data Monitor, yang dirilis di Singapura menyatakan, Negara – Negara seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia sedang menikmati peningkatan tajam dalam belanja publik dan belanja barang modal oleh sektor swasta.

Hal ini berkebalikan dengan di China, disana pertumbuhan permintaan domestik secara riil telah menurun dari tahun lalu dan pertumbuhan produk domestic bruto (PDB) pada kuartal kedua hanya mencapai 7,6 persen dibandingkan dengan pertumbuhan tahun sebelumnya.

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Pamela Cox menyatakan, turunnya permintaan ekspor dari Asia Timur memang melemahkan perekonomian kawasan. Namun dibandingkan kawasan – kawasan lain, perekonomian Asia Timurtetap tumbuh kuat dan meningkatnya permintaan domestik akan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan kembali ke level 7,6 persen pada tahun 2013.

Melemahnya tingkat ekspor dan pertumbuhan investasi akan memangkas pertumbuhan PDB. Dalam laporan itu, Bank Dunia menyatakan tekanan akibat krisis zona Eropa mulai mengendur setelah Bank Sentral Eropa (European Central Bank) menyatakan komitmennya untuk membela negara Euro dan membeli obligasi negara Eropa yang bermasalah.

Namun jika kondisi Eropa merosot tajam, kondisi ini akan berpengaruh pada negara berkembang. Krisis zona Eropa juga berpotensi membawa dampak negatif pada perekonomian Asia Timur dan Pasifik dari segi perdagangan dan sektor keuangan. Sementara kenaikkan harga pangan diperkirakan tidak akan terlalu mempengaruhi Asia Timur karena suplai pasar beras saai ini masih mencukupi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s