Ekspansi Modal

Zona dibagi kategori padat dan longgar untuk berekspansi ke daerah yang sudah padat, bank harus mengalokasikan modal yang lebih besar dibandingkan ke daerah yang longgar. Hal ini sesuai zona yang ditetapkan Bank Indonesia berdasarkan modal teoretis (theoretical capital )

Dalam rencana BI yang sedang menyusun Peraturan Bank Indonesia tentang izin berjenjang (multi license ). Secara garis besar, bank – bank akan dikelompokkan berdasarkan modal inti bank yang sekaligus mempengaruhi kegiatan bisnis bank.

Kegiatan usaha dan produk dikaitkan dengan kapasitas modal dan pada akhirnya akan mendorong daya saing dan tata struktur perbankan. Dengan modal yang semakin besar, kegiatan dan produk bank semakin banyak dan luas. Pasalnya, modal bank digunakan untuk mengabsorbsi resiko.

Selain itu, dengan modal dan efisiensi yang memadai bagi bank yang berekspansi jaringan akan mendorong perekonomian nasional. Wilayah ekspansi perbankan dibagi dalam enam zona. Zona 1-3 untuk menandakan wilayah padat, artinya kepadatan bank sudah cukup tinggi.

Zona 4-6 untuk wilayah yang longgar, artinya bank yang ada di wilayah tersebut belum cukup banyak. Setiap zona menghasilkan koefisien dan diperhitungkan dengan teori modal yang diperlukan bank untuk ekspansi. BI akan mengkaji berbagai variable, diantaranya pertumbuhan ekonomi, jumlah bank, intermediasi perbankan, serta dana bank yang beredar di zona tersebut. Semakin padat suatu zona, koefisiennya lebih besar.

Dengan aturan BI tersebut, bank yang lebih besar modal intinya akan leluasa bergerak. Nantinya akan ada bank – bank yang terbatas operasinya. Namun, operasinya terbatas dan fokus pada pasar yang dikuasai. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s