Neraca Perdagangan Menjaga Surplus

Menurunnya kinerja ekspor ditengarai tidak lepas dari masih buruknya ekonomi Eropa yang menyebebkan permintaan barang dari negara – negara Eropa rendah. Badan Pusat Statistik mencatat kinerja ekspor Indonesia pada Agustus 2012 menurun menjadi 14,12 miliar dollar AS dibandingkan dengan posisi Juli 2012 yang sebesar 16,15 miliar dollar AS.

Meski demikian, karena impor juga jauh menurun, neraca perdagangan Agustus 2012 jadi surplus. Neraca perdagangan kembali surplus setelah selama empat bulan berturut – turut mengalami defisit. Dan jika neraca perdagangan mengalami defisit terus, yang akan tergerus adalah cadangan devisa.

Peningkatan nilai ekspor selama ini lebih disebabkan kenaikkan harga komoditas dunia ketimbang pertambahan volume ekspor. Menurut data BPS, volume ekspor cenderung konstan tanpa fluktuasi yang berarti. Jatuhnya harga komoditas di pasar internasional terutama pada komoditas andalan seperti batubara, minyak sawit dan karet, otomatis membuat nilai ekspor menurun.

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga bisa berpengaruh pada neraca perdagangan. Jika rupiah tetap melemah, ada harapan neraca perdangan tetap surplus. Namun, menjaga kurs tetap kuat juga diperlukan untuk menjaga inflasi. Dan jika kurs kuat, inflasi akan terjaga. Menjaga inflasi itu lebih penting karena dampak inflasi langsung dirasakan masyarakat. Dampak defisit perdagangan butuh waktu jangka panjang untuk dirasakan masyarakat.

Pemerintah dan Bank Indonesia harus menjaga nilai tukar rupiah pada tingkat yang efektif untuk mendorong ekspor dan menekan impor. Harus ada terobosan agar pasar ekspor ke negara non-Eropa tidak semakin menurun karena jika hal ini terjadi, neraca perdagangan akan kembali defisit. Laju impor harus diredam terutama impor minyak dan gas bumi yang cenderung naik karena domestik tidak mampu mengurangi konsumsi bahan bakar minyak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s