Rentan Gejolak Dorong Manufaktur

Manufaktur yang bersifat strategis akan mendongkrak nilai tambah Indonesia sekaligus akan menyerap banyak tenaga kerja. Saat ini Indonesia memiliki peluang besar untuk memanfaatkan sektor manufakturnya. Namun, peluang ini masih terkendala ekonomi biaya tinggi.

Dalam salah satu catatan penting dalam laporan Kantor Bank Dunia di Indonesia tentang sektor manufaktur berjudul Mempercepat Laju : Revitalisasi Pertumbuhan di Sektor Manufaktur Indonesia menjelaskan bahwa Indonesia berpeluang meningkatkan pangsa pasar globalnya di sektor manufaktur, membuka jutaan peluang kerja baru dan menggerakkan transformasi struktural.

Namun hal ini tidak cukup dengan sekedar mengandalkan permintaan domestik dan internasional. Tetapi pemerintah dan swasta harus bekerja sama guna mengatasi sejumlah masalah yang menghambat usaha peningkatan daya asing nasional di kawasan dan pertumbuhan secara berkelanjutan.

Persoalan ketenagakerjaan yang terbesar adalah buruknya infrastuktur, rendahnya teknologi, upah minimun dan margin. Adanya margin tidak di sektor manufaktur, mempengaruhi investor yang mau masuk karena margin berkaitan langsung dengan biaya yang persoalannya masih tinggi.

Sektor manufaktur termasuk sektor yang sensitif pada gejolak perekonomian global. Pasalnya, paparan sektor tersebut terhadap ekonomi luar negeri besar. Industri manufaktur potensial untuk bank karena pertumbuhannya masih bisa besar lagi. Tantangannya adalah menjaga tren positif yang berkelanjutan.

Akan tetapi tantangan sektor manufaktur bukan sebatas mengembangkan sektoralnya saja namun juga menyangkut tantangan menciptakan lapangan kerja sebanyak – banyaknya dan seluas – luasnya. Hal ini membuat nilai Indonesia naik lebih tinggi lagi.

Dalam laporannya, Bank Dunia menyebutkan momentum positif sektor manufaktur bermanfaat bagi pertumbuhan penghasilan dan kesejahteraan jangka panjang dalam menciptakan lapangan kerja dan memfasilitasi transformasi struktural yang positif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s