Bank Terlalu Banyak, Bank Kecil Dikonsolidasi

Untuk mengejar kondisi skala ekonomi yang ditandai dengan semakin efisiennya bank saat bank semakin besar, konsolidasi diperlukan. Dengan demikian hanya akan ada bank – bank besar di Indonesia. Idealnya ada 60 – 70 bank kecil di Indonesia dikonsolidasi untuk menghasilkan bank yang lebih besar karena menurut Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada, Yogyakarta mengemukakan semakin besar bank akan semakin efisien, sebenarnya jumlahn bank lebih sedikit akan semakin baik.

Saat ini ada 120 bank umum di Indonesia dengan besaran modal dan aset bervariasi. Indonesia mewajibkan bank memiliki modal inti minimal Rp 100 miliar. Bank yang asetnya semakin besar akan semakin efisien membayar jajaran eksekutifnya dan mengeluarkan biaya biaya promosi atau perjalanan dinas pejabat bank.

Kebijakan Bank Indonesia (BI) mengarah pada konsolidasi bank. Sebagai contoh, rencana BI menerbitkan aturan izin berjenjang ( multi – license ) yang didasarkan pada besaran modal bank.

Sebelumnya di New York, Amerika Serikat, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia ( persero ) Tbk mengungkapkan jumlah ideal bank di Indonesia sebaiknya hanya 40 bank sesuai dengan kondisi aset perbankan yang 80 persen dikuasai hanya 20 bank besar. Yang penting adalah kemampuan bank menyediakan layanan.

Bank – bank kecil yang ada di Indonesia hanya memberikan layanan terbatas serta sulit untuk berekspansi. Padahal, saat ini belum ada aturan izin berjenjang dari BI. Contohnya seperti, pembukaan cabang akan berbeda izinnya dengan pemasangan mesin anjungan tunai mandiri, kerjasama dengan perusahaan asuransi menawarkan bancassurance  atau penawaran reksa dana.

Namun, keleluasaan bank untuk berkegiatan itu dibatasi oleh besarnya modal. Semakin besar modal intinya, bank akan semakin leluasa berkegiatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s