Fasilitas Likuiditas Bank dalam Pembiayaan Perumahan Perlu Fokus

Bank – bank penyalur fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan atau FLPP belum sepenuhnya siap menyalurkan kredit rumah bersubsidi. Penyaluran kredit FLPP bagi masyarakat berpenghasilan rendah sudah saatnya difokuskan pada bank yang paling produktif. Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) mengemukakan, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi terkait ketentuan program FLPP bersubsidi kepada bank – bank penyalur. Termasuk jika ada ketentuan baru atau revisi aturan.

Dikarenakan sosialisasi program FLPP masih belum maksimal ke daerah – daerah yang masih dikatakan hal baru dalam perbankan,FLPP masih perlu mempersiapkan sumber daya manusia dan SOP (prosedur operasi standar). Sulit memaksakan perbankan untuk optimal menyalurkan FLPP.

Bank yang tidak menjadi penyalur kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi bukan berarti tidak gencar dalam menyalurkan kredit rumah komersial. Setiap bank memiliki pertimbangan pilihan resiko dan segmen pasar tersendiri. Profil debitor menjadi salah satu pertimbangan,diantaranya penghasilan serta resiko antara gaji dan maksimum jumlah kredit. Bank masih mengandalkan informasi debitor dari Bank Indonesia.

Dana penempatan FLPP dari pemerintah pada bank – bank di depositokan dengan bunga yang disesuaikan dengan bunga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Saat ini, bunga LPS sebesar 5,5 persen per tahun. Bunga deposito tersebut dibukukan sebagai pendapatan Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan.

Untuk itu, Ketua Penghimpunan Bank – Bank Umum Nasional (Perbanas) mengusulkan agar pemerintah mendorong bank yang punya kesiapan infrastruktur KPR FLPP agar lebih optimal dalam menyalurkan kredit rumah bersubsidi itu. Dukungan itu diantaranya dengan memprioritaskan penempatan dana pemerintah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s