Hilirisasi Perdagangan CPO Lamban

Meski dikenal sebagai salah satu produsen terbesar minyak kelapa sawit mentah (CPO) di dunia, industri komoditas itu tidak banyak berkembang di Indonesia. Padahal pemerintah sudah menerapkan pajak ekspor CPO dengan kontribusi lebih dari Rp 20 triliun per tahun. Kebijakan tersebut ditempuh untuk mendorong hilirisasi CPO, tetapi nyatanya hilirisasi masih berjalan lamban.

Di indonesia, turunan produk CPO banyak digunakan industri pangan berupa minyak goreng, margarin, shortening (lemak) dan vegetable ghee. Turunan produk CPO pada industri oleokimia antara lain berupa fatty acids, fatty alcohol dan glycerin, serta biodiesel.

Sebagian besar CPO itu diekspor berbentuk mentah tanpa nilai tambah lebih lanjut. Hal ini menunjukkan bahwa investasi masih terkonsentrasi pada pengembangan perkebunan, sementara industri pengolahan atau hilirnya relatif masih terbatas.

Kecilnya penyerapan di dalam negeri bukan berarti seluruh kebutuhan sudah tercukupi. Oleh karena itu, percepatan hilirisasi industri CPO harus segera dilakukan. Pemerintah memprediksi hingga tahun 2015 program hilirisasi kelapa sawit untuk produksi oleokimia butuh investasi 800 juta dollar AS.

Investasi tersebut bisa karena pemerintah memiliki dana dari pajak ekspor CPO. Sudah selayaknya dana itu dikembalikan untuk pengembangan industri CPO, bukan untuk kepentingan lain.

Pemanfaatan CPO sebagai bahan baku industri akan memberi efek ganda seperti penguatan struktur industri, peningkatan nilai tambah, perluasan lapangan kerja dan peningkatan penerimaan pajak. Hilirisasi memang sudah dilakukan, tetapi perlu ada usaha ekstra lebih kers lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s