Struktur OJK Terbentuk

Dewan komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan telah menyelesaikan penyusunan struktur organisasi. Lembaga independen pengawas perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun dan lembaga keuangan lain. Pada tim transisi juga menyiapkan aturan – aturan internal OJK seperti kode etik dan hukum untuk mendukung tata kelola OJK.

Protokol manajemen krisis merupakan kerangka kerja yang menetapkan tindakan, peran, dan tanggung jawab otoritas dalam menangani  krisis sehingga kerugian ekonomi bisa diminimalkan. Tujuannya, yaitu :

  • Memberikan peringatan jika krisis ekonomi global mulai berdampak ke Indonesia.
  • Menyediakan “bond stabilization framework” (BSF) yang ditujukan untuk mengantisipasi keluarnya arus modal asing kalau terjadi guncangan ekonomi global
  • Menjaga cadangan devisa dan melakukan kerjasama internasional penanggulangan krisis
  • Berjaga – jaga memantau kondisi pada waktu perekonomian normal.

Kerjasama lembaga yang rencananya akan bekerja sama dalam protokol ini adalah Bank Indonesia (BI), Kementerian Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengacu pada Undang – undang nomor 21 Tahun 2011 tentang otoritas Jasa Keuangan, DK menetapkan struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi, prosedur operasi standar, serta rancang bangun infrastruktur OJK. OJK juga menyusun sistem sumber daya manusia dan prosedur operasi standarnya yang wajib menyiapkan rencana kerja dan anggaran untuk tahun anggaran 2013.

Dalam kondisi krisis, forum koordinasi stabilitas sistem keuangan (FKSSK) bisa mengambil keputusan melalui musyawarah atau suara terbanyak, mengambil atau tidak mengambil langkah penyelamatan di bidang perekonomian. Dalam kondisi normal, FKSSK memantau kondisi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s