ICW: Pengelolaan dana pendidikan Kemendikbud masih bermasalah

Lembaga nirlaba Indonesia Corruption Watch menyatakan anggaran pendidikan di Indonesia rawan tindak korupsi. Menurut mereka dalam enam tahun terakhir, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan sorotan setelah laporan Badan Pemeriksa Keuangan terbit.

“Korupsi bidang pendidikan masih banyak terjadi. Audit BPK 2011 di Kemendikbud mendapat opini disclaimer. Ini bukti ada masalah dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan di Kementerian Pendidikan,” kata Peneliti ICW, Siti Juliantari dalam konferensi pers ICW dan Koalisi Pendidikan di Jakarta, Rabu (2/1).

Siti mencontohkan kasus robohnya Sekolah Dasar Negeri 05 Pagi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut dia, hal itu diduga lantaran pihak sekolah melakukan korupsi. Selain itu, pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah juga jadi perhatian utama.

“Dari total 40 kasus, bermacam-macam modus yang biasa dilakukan, mulai dari laporan kegiatan dan proyek fiktif delapan kasus. Penggelembungan harga tujuh kasus, Pungli atau pemotongan dan pemerasan empat kasus. Penggelapan 18 kasus, dan penyalahgunaan dan penyelewengan anggaran enam kasus. Akibatnya negara dirugikan hingga Rp 138 miliar,” ujar Siti.

Siti menambahkan, celah buat melakukan korupsi kembali muncul setelah beberapa sekolah negeri meningkatkan status menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

“Di RSBI juga ada masalah. Karena ketika sekolah dibolehkan memungut biaya dari masyarakat, tanpa tata kelola di sekolah, juga rawan diselewengkan sekolah,” Lanjut Siti.

Siti memaparkan penyelewengan itu terjadi di SMU 70. Dia mengatakan dana dipungut dari orang tua siswa sebesar Rp 20 sampai 30 juta digunakan buat menggaji Kepala Sekolah tiap bulan. Uang itu diberikan di luar gajinya sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s