PPATK Dorong BI Keluarkan Aturan Pembatasan Penarikan Uang Tunai

Jakarta – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menganjurkan Bank Indonesia (BI) untuk segera terbitkan peraturan terkait penarikan uang tunai. Hal ini untuk menghindari terjadinya transaksi yang mencurigakan.

Wakil Kepala PPATK Agus Santoso menyebutkan aturan ini akan membatasi perbankan agar baik setoran dan tarik tunai tidak lebih dari Rp 100 juta.

“BI katanya masih mengkaji, kita mendorong supaya BI mengeluarkan PBI. Untuk mengatur bank, supaya bank itu tidak melayani setoran tunai di atas Rp 100 juta dan penarikan tunai di atas Rp 100 juta,” jelasnya kepada wartawan di Gedung PPATK, Jakarta, Rabu (2/1/2013).

Namun, Agus melanjutkan jika ada nasabah yang tetap ingin melakukan transaksi tersebut, bisa saja dilakukan. Asalkan, ada pemeriksaan lebih lanjut dari pihak perbankan.

“Kalau itu terjadi bisa didalami. Bisa ditanya lebih lanjut, uang dari mana untuk apa harus jelas,” jelasnya.

Agus menjelaskan, kelemahan PPATK saat ini adalah pada intelijen di lapangan sehingga sulit mencegah terjadinya kecenderungan penyalahgunaan hasil transaksi. Oleh karena itu, peran masyarakat juga dibutuhkan agar persoalan ini dapat ditindak. Menurutnya, modus seperti ini sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

“Karena sebetulnya transaksi itu melihatnya gampang. Ditongkrongin saja di bank-bank tertentu. Kalau menjelang Pilkada atau Pemilu, ada orang tukar uang Rp 20 ribu sebanyak Rp 100 juta untuk apa kalau dia bukan pengusaha,” tandas Agus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s