Masakan Korea : Tteokbokki ( 떡볶이)

Anda senang makan pedas? Baiklah sekarang kita akan menampilkan tulisan tentang masakan korea dengan rasa pedas-manis dan berwarna merah yaitu Tteokbokki. Di Korea saat jalan-jalan di musim dingin, paling enak sejenak menghangatkan diri, mampir di warung tenda (pojangmacha ) sambil makan Tteokbokki atau hanya sekedar makan odeng.

Tteokbokki adalah penganan Korea yang berbahan dasar tteok ( 떡 ) atau disebut dengan garae tteok ( 가래 떡 ) yaitu jajanan dari tepung beras yang berbentuk bulat memanjang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha.

Pada awalnya, penganan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Selain itu, tteok yang dipakai bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea: merah, kuning, putih, hitam, dan biru

Macam variasi nya ada Haemul tteokbokki(해물 떡볶이 tteokbokki makanan laut) , Gungjung tteokbokki (궁중 떡볶이) atau disebut ganjang tteokbokki(간장 떡볶이) karena berbumbu kecap asin (ganjang) , Tteokbokki keju(치즈 떡볶이) dan Tteok kkochi, tteokbokki dalam tusukan bambu.

GambarGambar

Cara membuat garaetteok dirumah adalah :

1. Bahan-bahan :
Tepung beras 300 g
Air 110g
Minyak wijen 3 sendok makan
2 . Cara membuatnya :
Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Gampang bukan…?  Karena Jajanan ini sangat populer, maka Garaetteok telah diproduksi secara pabrikan,  dan harganya  menjadi relatif murah dan tentu tidak repot .

Cara membuat Tteokbokki ( 떡볶이 ):

1. Bahan-bahan :

Gambar

200 g Teuk (kue beras) / Ttuk/garattuk (putih bulat panjang, potong 2-3cm) bisa dicari disemua supermarket korea, saya sudah coba di 3 tempat yaitu mungunghwa, K-mart, dan New Seoul tp saya paling suka yang dari mu gung hwa karena lebih legit, lebih kenyal dan lebih gurih.al dan lebih gurih.

Odeng(eomuk)/fish cake(disupermarket korea jg ada, kl gak ada ganti otak-otak ikan aja)
1/4 buah bawang bombay
30 g wortel
2 buah jamur Shitake kering
1 buah cabe hijau dan merah
1 sdt minyak goreng
1 sdt minyak wijen

2. Bahan-bahan untuk bumbu
1 sdm bubuk cabe merah
1 sdm Kochujang ,  taujo cabe merah
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kalu daging
sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen
3. Cara memasaknya :

Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang  bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu. Setelah bumbuh masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan. ( ref. http://world.kbs.co.kr )

Di seoul,  tempat yang terkenal dengan Tteokbokki adalah kawasan Sindang-dong.  Bagaimana dengan anda? mau mencoba ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s